Love, Life and Remedies

Sometimes, the most desirable relationship is the one you can't have...

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
October 2, 2010

Jangan Aneh – Aneh

Posted by BoewatChat

“Lagi asyik ndengerin Sudjiwo Tedjo, The Sound of Orang Asyik… Kedalaman lirik-nya tersembunyi di balik riang musiknya”

Wong bejo nora koyo awak dhewe
Digadhang-gadhang karo wong tuwo
Dinomo domo ing sabendinane
Saben dino tansah pitungkasan
Lan kinamulan estining tyas
Tan kendhat anggone ngukir jiwo
Sih lumintuning donga wong tuwo
Rino wengi tansah anyenyuwun
Madhep manteb tan kendho

Wong bejo nora koyo awak dhewe
Disengkuyung sanggyo prokonco
Bareng makaryo tur sak ekoproyo
Bares ing samubarang petungan
Sasolahe tan mesti bathine
Kang baku nora ngorbanke liyan
Siningkiran ing reh dengki srei
Ndondomi dhodhoting abebrayan
Golong jiwo nyawiji

Wong bejo nora koyo awak dhewe
Pikantuk dalane jejodhoan
Dalan kang nora mulus lir dalan tol
Nanging ugo dudu dalan kang rungkut
Dudu dalan kang nistho ngarane
Dalane margo kang dilakoni
Romo ibu yo hamung tutwuri
Mimi mintuno kang disesuwun
Madhep manteb tan kendho

He is right.. Hidup kita ini sebetulnya penuh keberuntungan. Dilahirkan ke dunia dengan selamat, dibesarkan kedua orang tua dengan sepenuh doa – penuh kasih sayang, beruntung bisa bekerja – bekerjasama dan tentunya bisa bermanfaat bagi orang lain, sampai akhirnya beruntung bertemu dengan jodoh, teman hidup yang diharapkan akan terus mendampingi tak terpisahkan lagi..

Berkaitan dengan jodoh, specifically mbah Tedjo bilang “dudu dalan kang nistho ngarane”, alias bukan jalan yang nista yang diambil. Artinya beliau menekankan untuk memperoleh jodoh yang baik itu bukan dari jalan yang aneh – aneh, tapi jalan yang “umum” aja lahh.. Yang diterima orang banyak.. Yang lurus.. Jadi pikiran pun tenang nggak harus berhadapan dengan arus kebanyakan.

Gay? Jalan yang diambil memang berat. Dimulai dari lingkup paling kecil, ayah ibu, yang pastinya tidak mungkin cuma “tutwuri’ tapi akan “nggurui”. Sampai ke stigma masyarakat. Pilihannya tidak lagi sederhana, seberuntung “orang biasa” yang dilahirkan – besar – sekolah – bekerja – menikah – punya anak – mati.. Tapi mungkin: dilahirkan – besar – sekolah – mencari jati diri – bekerja – pacaran – putus – sakit hati – pacaran – putus – sakit hati – pacaran – putus – sakit hati – …. dan  setelah itu jalan mungkin akan bercabang, sebagian akhirnya memilih untuk menikah – punya anak – mati, sebagian lagi memutuskan untuk sendiri – adopsi – mati atau yang tidak beruntung malah menjadi gadun tukang gangguin brondong.

Stay low” adalah kuncinya.. Seperti di liriknya mbah Tedjo, nggak usah deh repot – repot menjadi antagonis di lingkungan masyarakat, cukup ikuti suara umum, jangan terlalu provokatif menunjukkan who I am, golong jiwo nyawiji.. In the end, masyarakat juga nggak peduli dengan internal kita kok, selama kita baik ke mereka semua obrolan itu cuma jadi gosip samar di lingkungan arisan ibu – ibu :)

Bertahan dengan jati diri itu tidak berarti melawan semua yang berbeda. Itu artinya kita jujur terhadap diri sendiri dengan tetap rasional dalam menghadapi masyarakat banyak..

0 comments:

Post a Comment