Love, Life and Remedies

Sometimes, the most desirable relationship is the one you can't have...

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
January 18, 2009

Baca Surat Yusuf, Biar Ganteng

Posted by BoewatChat

“Kisah Yusuf (Joseph) mempunyai keistimewaan, yaitu satu – satunya cerita Israiliyat yang ditulis lengkap dalam Al-Quran”
Fulfilling my duty as the head of the family (biarpun single dan tinggal sendiri, tapi tetap ajah statusnya adalah kepala keluarga), gw menghadiri undangan selamatan tujuh bulan kehamilan anaknya tetangga. It’s been a very very long time ago since I last attended this kind of event. Kebetulan sewaktu 7 tahun tinggal di kota B, lingkungan sekitar rumah mostly well educated neighborhood yang rajin halaqah 1) (you know lahh afiliasi-nya kami ke partai mana). Di lingkungan itu, acara beginian dikategorikan bid’ah, nggak dicontohkan sama Rasulullah. Jadi nggak pernah dilakukan…

Terlepas dari debat bid’ah, menghadiri acara ini membangkitkan lagi memori masa kecil dulu. Begini – begini, gw dibesarkan di lingkungan pesantren lohh :p Di lingkungan kami dulu, adat (Jawa) berasimilasi dengan Islam, sehingga acara khas Jawa: nujuh bulanan, kumpulan orang meninggal, dll. content-nya sudah diganti dengan yang Islami (baca: kearab-araban, barzanji, shalawatan, tahlilan, etc.).

Dan ternyata disini juga sama seperti itu: ngirim Fatihah buat leluhur, baca Yasin, shalawatan, yang gw takjub banget, ternyata semua tetangga suara-nya bagus – bagus… Bacaan arab-nya fasih – fasih… Merinding dehh… Sampai terharu biru gw dibuatnya. Inget dosa :p

Sampailah ketika shahibul bait 2) meminta tolong ke ustadz-nya, “Tolong dibacain surat Yusuf ya Pak Haji”, dan kemudian ada hadirin yang komentar, “Laki – laki ya Pak S, biar ganteng yaa…”.

What? Biar ganteng? Ajah?

Well, it is true that the most famous fragment of Joseph is when he rejected the wife of minister (Zulaikha), because he is afraid of Allah for committing adultery. As part of her defense, Zulaikha invite her friends, who cynically gossiping, “Zulaikha fallen in love with her servants”. Later on, they understood that Joseph is definitely irresistible, very charming – soo handsome, even they don’t realize that they already cut their fingers instead of apple on their grips.

Tapi cerita Yusuf nggak sekedar itu… Betul Yusuf adalah pemuda yang semapta, well built, super handsome, tapi dia juga memiliki KECERDASAN yang luar biasa dan kerendah-hatian. Sampai – sampai saudara tiri-nya iri dan membuang dia ke sumur karena perhatian bapak-nya terlalu tertuju ke Yusuf. Dan di dalam cerita yang divine itu, Yusuf diberi bekal dengan kemampuan memahami mimpi, yang menurut gw sihh lebih tepat kalau diartikan sebagai kemampuan membaca pertanda alam. Dan yang dia lakukan bukan sekedar “membaca”, tapi juga take action dengan membuat necessary plan. Yusuf, dalam hal ini juga unggul dalam management dan planning.

Masih ditambah juga dengan sifat humoris-nya, yang menambah deretan kebagusan Yusuf. Saat saudara – saudara nya datang ke Mesir untuk meminta bantuan, dengan berlagak dia menahan Benyamin (adik kandungnya) dengan tujuan memaksa kakak – kakak-nya datang kembali sambil membawa bapaknya yang sudah mulai renta. Dan saat seluruh keluarga itu akhirnya berkumpul kembali setelah lama terpisah??... Happy ending dehh… Duhh, masih suka nangis kalau pas baca Qur’an di bagian yang ini…

Jadi siapa bilang kalau bacaan surat Yusuf itu cuma buat kegantengan? Yusuf adalah role model pemuda yang sempurna, memiliki segalanya: ganteng (lahir batin), kaya (lahir batin), cerdas, rendah hati, humoris dan sangat taat beribadah.

Gw mau seperti Yusuf… Dulu sewaktu ibu gw hamil, sempat dibacakan surat Yusuf berapa kali yaa, kok hasilnya gw cuma segini :p Oops, astaghfirullah… ;)

Note:
1) Halaqah: pengajian rutin, idealnya role sebagai “guru” digilir dari masing – masing peserta, “untuk menyebar barokah”. Ada juga murabbi-nya (ustadz) yang lebih berfungsi sebagai moderator dan peng-koreksi.
2) Shahibul bait: tuan rumah, pengundang.

12 comments:

Apisindica said...

Tulisannya bagus. Sederhana tapi agamis. Nggak nyangka ternyata "alim" juga yah? =D

Semoga tetap qonaah di jalan yang telah diambil! Amien

Dr Pr said...

haha, iya tuh surat Yusuf, emg kok, katanya bikin anak yg lahir kalo cowo cakep n punya sifat yang beradab banget....

tapi kna, itu tetep, kayak buku, lu udh dikasih kertas yang bagus (doa yusuf itu), perkara isinya ntar itu semua kembali ke usaha si manusia itu sendiri, kalo baik, ya tetep baik, biar tampang ga begitu rupawan (cieh bahasa gw)

tapi kalo cakep, kelakuan berasa babi, tetep aja ga cakep...kucing mungkin iya..haha

BoewatChat said...

@Yuda:
mungkin maksud loe istiqamah kali yaa ;).. TQ..
Gw jauh dari alim lah, kan bisa jadi niat gw ikut banyak pengajian tuh cuma cari cong lucu yang kebetulan juga mencoba untuk "mendamaikan dirinya dengan agamanya".. :)
[tapi bener kan, kalo mau dapet "jodoh" yang baik, nyarinya juga mesti di tempat yang baik, bukan di gym or club...]

@Pri
sejujurnya sih gw lebih percaya hukum genetika... do'a tuh mbantuin biar gen yang trpasang gen yang baik-baik ajah :) .. but isn't it too late if it is made at the 7th month pregnancy? :)
and kaya-nya km masih perlu beberapa ujian lagi deh untuk bisa meng-confirm pernyataanmu berikutnya :p

Apisindica said...

Aduh-aduh, alasannya logis banget. Nyari cong yang lagi tobat juga. Hihihi. Seruuuuu....
Emang, kalo mo nyari yang baik di tempat baik-baik yah. Nyari agh.......

Dr Pr said...

pri??

pri??

itu gw?
pri?
prihatiningsih?

hahaha

aduh2, pernyataan yg mana sih????
heran deh, everyone always gt, mentang2 gw baru 21, i have no right to declare anything..huhuhu

derita gw...

lucky said...

Om boewatchat: ada pepatah arab ni--> unzur ma qola wala tanzur man qola, liat apa yg diomongin jangan liat siapa yang ngomong (sambil ngelirik ke dokter brondong yang belum koas, wakakakak) biarkanlah dia berpendapat.
om, kmrn kyknya ada tuh cong yang suka ikut halaqoh, klo ga salah "nama"nya arsya..gw liat di shoutbox nya Fa. Coba di follow up, siapa tahu.....
kata hari ini: "doing it with the right person is merely different with emptying your sperm reservoir".

secangkir kopi said...

salute. bru sekali ini baca blog soal Nabi2...ada review nabi lain nggk / atau emang karena nabi Yusuf ganteng ya ? jadi loe cerita panjang lebar...hihihii

BoewatChat said...

@lucky
Gw siyy seneng nggodain dia aje... setengah kaget juga dia berani "nakal" di hometown nya :) kalo gw (kita?) kan di "luaran" sono aja... :p
"kata hari ini"na udah lamaaaaaa, tapi susye buat dipraktekin...

langsung meluncur ke Fa

@ngopi2
Idenya siyy muncul pas diundang nujuh bulanan boss... dan kebetulan aja Yusuf ganteng and gw pecinta co ganteng ;)

lucky said...

Eh Om,gw baru baca ulang postingan tentang co paling cakep sedunia diatas.
Loe masih bisa nangis ya baca Quran??
Salut deh..........

Getar itu masih ada
Walaupun samar2
Terkadang terasa jauh
Namun tak jarang tengkuk ku berdesir
Kapan kah kami kembali
Mampukah kami menghadapinya
Mungkin sdh terlambat untuk bertanya
Mengapa

BoewatChat said...

Biasa aja kaleee... semua yang ngaku muslim kan pasti begitu :)

kita semua dibesarkan dengan Qur'an, walaupun ketika beranjak dewasa, tiba-tiba interpretasi buku tercinta itu menjadi "musuh besar" for our "non-straightness"

perlu waktu untuk mendamaikan kedua-nya dan itu tidak diperoleh dari menjauhi Qur'an... Percaya dehh!!!

lucky said...

Biasa aja kaleee... semua yang ngaku muslim kan pasti begitu--> ga om,bbrp tmnku mlh berhenti solat. sedih gw

perlu waktu untuk mendamaikan kedua-nya dan itu tidak diperoleh dari menjauhi Qur'an-->
gmn caranya?? tell me-tell me...

huhuhuhuhu i missed my old me

SerasaSore said...

Hum...surah yusuf ya...
Ah jadi kangen sama Al Quran...
Kemaren sempet di mutabaah, eh ternyata aal punya bacaan paling minim...
Ya Olloh....malu deh di depan ust...

Kalo comment masalah qonaah nya , hufffff masih banyak peluang mas...
Hihiihi...

So...al ngedoainnya gmn niy???
Binun....

Post a Comment