Love, Life and Remedies

Sometimes, the most desirable relationship is the one you can't have...

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
January 31, 2009

Ta’aruf Yang (di)Gagal(kan)

Posted by BoewatChat

“Afwan Ustadz, ana masih ingin melanjutkan S2. Jadi terus terang belum siap untuk menikah…”
Alhamdulillah, gw selalu dicitrakan sebagai orang baik di lingkungan sekitar gw. Memang karena gw baik – baik juga (readers jangan muntah – muntah yaa...), terutama di lingkungan “home” (kompleks dan kantor). Andai saja mereka tahu gw gimana kalau lagi trip (either business or backpack)… (tetep baik juga siyy, cuma sedikit “liar” ajah) :p

Waktu itu usia gw udah lewat 25 sedikit. Yang pertama usaha untuk men-ta’aruf-kan siapa lagi kalau bukan tetangga samping rumah, Pak Stt. Mungkin karena beliau melihat gw nggak pernah bawa pere ke rumah, nggak pernah pulang malam kecuali dianterin sopir kantor (means that gw bekerja sampe larut), rajin ikutan pengajian RT (diluar halaqah yang “itu”), udah cukup mapan – ganteng lagi, apalagi yang dicari kan? (tapi kok dia nggak pernah curiga yaa, ganteng – ganteng kok nggak punya pacar… Atau gw dianggapnya muslim beneran, yang menjaga “kesucian”? Alhamdulillah :) )

“Eh Mas, saya punya saudara… Cantik nian, orang Bjm. Mau saya kenalin?”, begitu promosinya.
“Wahh, boljug tuh Pak. Tapi dia beneran belum punya pacar? Jangan – jangan udah, tapi nggak berani bilang ke abi-nya…”
“Nggak… Percaya deh sama saya…”

Dan mulailah “ritual” itu. Ada sesi di foto (Pak Stt mencuri – curi tentu saja), kemudian gw juga ditunjukin foto dia. Cantik, manis, jilbab, tinggi (terlihat dari perbandingan dengan teman – temannya yang di foto itu), kuliahnya sih di Univ lokal disana, but not bad lahh… Long story short, jadilah gw berkenalan dengan Ma, dan seterusnya kontak-kontakan via sms dan phone. Belum pernah jumpa darat sampai hari H nya :)

Niat gw sewaktu bilang “iya” waktu itu, sebetulnya setengah “main – main” juga. Gw mikirnya simple, “nambah teman apa salahnya kan?”. But things start to get serious, yang akhirnya bikin gw panik, saat Pak Stt menyampaikan begini, “Kalau bisa jangan lama – lama keputusannya lohh Mas. Kalau belum siap menikah, di khitbah 1) dulu aja, gimana?”

“Yaaaa, gimana? Gw kan mana mungkin serius sama dia… Gw mau-nya sama kamu”, begitu rajuk gw ke (waktu itu masih calon) yayang gw. Dan berikut-nya adalah hari – hari “tidak elegan”, dimana gw berusaha menghindar dari pandangan Pak Stt dan makin jarang nge-response sms Ma. Pulang kerja larut terus tiap malam, tiap weekend pasti keluar kota. Sampai kira – kira satu setengah bulan gw main kucing – kucingan sama beliau dan akhirnya ada rekan kerja yang ngingetin, “Be gentle, communicate your difficulties”.

Nggak enak banget waktu dia bilang begitu, because that means “seluruh dunia” udah tahu ada masalah ini. Dan akhirnya, aku memberanikan diri pada hari H itu, datang ke Pak Stt dan bilang, “Maaf Pak, saya belum siap kalau diminta untuk menikah segera. Saya masih ingin kuliah lagi ke UK…”.

That was my first, yang ternyata kemudian masih berlanjut dengan sequel – sequel berikutnya, termasuk dengan saudara-nya murabbi-ku sendiri…

Lesson learned buat gw (yang ternyata lagi – lagi knowing something doesn’t always mean we can do something):
1. Jangan anggap remeh usaha – usaha orang lain untuk men-ta’aruf-kan kita, karena konsekwensinya bisa serius. Walaupun sebetulnya ini akan tergantung dari kepribadian masing – masing orang (ada yang “easy going”: anggap aja teman, menambah saudara), tapi ketika berhadapan dengan keluarga besar, sikap “menggampangkan” kebanyakan akan menjadi senjata makan tuan. Percaya deh!
2. Sebagai “most eligible bachelor”, keep your profile low. Jangan terlalu aktif di kegiatan masyarakat, yang akhir-nya sering membuat kita jadi “idaman” para ibu – ibu... Untuk anaknya tentu saja :p. Sometimes, becoming a role model is completely unpleasant!
3. Discreet in the community is a challenge. Buat para “pemula”, mentang – mentang di Qmunnity mendapat “dukungan”, kecenderungannya untuk over-PD declaring their gay-ness. That’s completely unnecessary dan sama menyebalkannya dengan para gay liar yang sok discreet. Huhh!
4. Make the move, only if you want it... not because someone told (encourage) you to do so whatever the reasons.

I am single, but not available…

Note:
1) Khitbah: meminang, meminta persetujuan pihak wanita untuk dijadikan calon istri oleh pihak laki-laki.

9 comments:

Hidden Closet said...

whew... saya juga sudah mulai ditanyai masalah perkawinan, setelah satu-satunya kakak saya yang belum married akhirnya kawin juga abis lebaran kemarin. sekarang semua mata keluarga melihat ke saya :(

Reis's said...

:(
it's not good. it's real bad. really really bad. why marriage has to be a MUST?

Nei said...

jangan mempermainkan harapan orang, Jeng. Nyesel seumur hidup. Gw pernah ngalamin hal tersebut dan sampai sekarang tetap nyesel....Argh...

lucky said...

Gw lagi menerawang sosok si OM....
1.pasti model org PK* (pastinya sih, wong punya murobbi)==>mgkn pny sedikit jenggot tipis
2.trus ganteng,aga pendiem,sopan (bnr2 calon menantu idaman)
3.karier mapan

Kurang apa lagi coba-kurang apa??

Kurang Istri: makanya ga heran, orang2 pada berebut jodohin. Klo ada yg sedikit pake logika, mgkn bisa curiga.

Solution suggested: cari kenalan lesbian, klo nikah terlalu beresiko, setidaknya bisa jadi gandengan. (yg berkerudung juga ada kok)

BoewatChat said...

jenggot? tauk aja :) next time, fotoku dibuka bagian dagunya aja ahhh :)

afiliasinya ke *KS siyy emang betul, masih sampai sekarang. ihwan & akhwat yang ada disana amat sangat amanah. proses bimbingan/kaderisasi juga berlangsung terus menerus. makanya, pilih partai kami dunk ;)

di beberapa liqo (tergantung murabbi nya), memang akan sangat terasa nuansa "indoktrinasi" nya. tapi tidak untuk grup kami, karena seluruh jamaah-nya highly educated semua. jadi jamaah kami malah sepertinya paling "nakal" dibanding yang lain. kritis-kritis, termasuk mempertanyakan sikap beberapa senior yang memilih untuk beristri lebih dari satu :).

tapi kami juga mengikuti proses tazkiyah yang sama dengan ihwan lain, misal-nya men-dawam-kan al ma'tsurat nya ust. hasan al bana :)

Reis's said...

@lucky
Duh, konspirasinya itu loh...

SerasaSore said...

Ya Olloh, al pikir ikhwan yang kek gini bukan aal aja. Ternyata eh ternyata. Kita mengalami nasib yang ngga beda jauh.
Tapi kalo umur siy beda jauh...
hoho...
3 Minggu lalu my Ust dateng ke rumah.
Mo ngejodohin...
Langsung aja bilang :
"Ust, im 22 years old, dan masiy mo lanjut skul, meybe ke Ausy"
Hoho...dah mulai deh niy dapet temen...

wirda ilmadini said...

Jgn pernah mengecewakan hati akhwat,,
yg awalnya si ikhwan ngasih harapan,,eh tiba2 Gleegg...Ga ada kbr,,d sms ga dbls,,ditanyain ngeles terus..padahal jls2 awalnya si ikhwannya duluan ngasih CV ke akhwatnya dna pengen serius ga mau pake pacaran2..
pertama x xhat dia blng daku orang yg t'lalu perfect,,cantik,baik,pinter,,(kweekkkk)..Anehnya ttp ga dpilih..
pas ditanya via tmnnya,,jg ttp ga da kbr,,diajakin ktemuan,,udah fix hrnya tiba2 hri H nya ga da kbr dan pas ditanya ga bs dtng,,
Betee betee sebeel2 ga sih sm ikhwan yg kyk gini..
Awalnya blng Niat..eh emank dsr dia Niat u/nyakitin.. T_T
korbannya diriku dech..hiikksss..Kecewa tingkat tinggi..
sbnernya si ikhwan ini masih Normal ga sehh ? :D hehee..

BoewatChat said...

@wirda: karena blog ini adlh blog-nya seorang gay, tentu saja semuanya akan bias ke gay :) kalo ikhwan temennya wirda mungkin masalahnya lain lagi..
Bisa jadi memang dia merasa "terintimidasi" lihat calonnya begitu perfect spt dirimu, really beyond his expectation. Pdhl background keluarga dia cuma orang yg biasa2 ajah..
Kesiapan menikah, buat sebagian orang memang cukup dgn niat kuat melaksanakan sunnah, kemudian sisanya diserahkan kpd 4jJI. Tapi sebagian yg lain (dan sebagiannya ini banyak :) ), sampe mikir printilannya juga, resepsinya lah, rumahlah, pekerjaan, etc. Maklumlah, laki-laki khan kepala keluarga. Hal ini yg ingin "dihilangkan" oleh beberapa liqo, dgn mengadakan seminar pernikahan. Targetnya siapa lagi kalo bukan ikhwan :), soalnya akhwat yg sudah siap sudah banyak..

Tentang temannya Wirda, jalan yg trbaik tentu saja ditanyakan lgsg ke orangnya, masih trtarik utk melanjutkan atau tidak. Brtanya lewat temannya mungkin lebih baik, agar kalau jawabannya "tidak", nggak akan trll menyakiti (siapapun yg akan trsakiti :) ). Jika memang dia nggak trtarik lagi, Wirda juga jangan kecil hati, rendah diri. Ikhwan lainnya masih banyak :) Malah katanya, godaan trbesar tuh di saat kita sudah memutuskan "YA" atas pinangan seseorangan. Biasanya eligible candidate pada brdatangan spt banjir :) Nah, skrg gimana pinter2nya Wirda ajah, making sure that para kandidat itu brdatangan SEKARANG, bukan nanti ketika sudah dipinang :)

Post a Comment