Love, Life and Remedies

Sometimes, the most desirable relationship is the one you can't have...

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
June 11, 2009

Define Handsome !!

Posted by BoewatChat

"If attitude is not a concern, how'd you define handsome?"
Gw percaya kalo yang namanya cakep, ganteng, hensem, simpatik... (mention other synonyms), itu sifatnya subjective. "Handsome is on the eye of the beholder...", katanya. Tapi kenyataannya, our society reserved a "looks like" common criterion about it. Contoh gampangnya, siapa yang berani beda untuk bilang Choky Sitohang nggak ganteng?

Agree, tidak semua yang ganteng akan terlihat "menarik" di mata kita. Pastinya (nggak munafik) masih akan bilang, "Yes, he is handsome", tapi nggak berarti semuanya akan memberikan "chemistry" yang cukup untuk membuat kita mendekat and trying to get his attention. Contohnya, Mario Lawalata :). If you're near him, will you try to approach and say hi introducing yourself? Some of us might say yes, but buat gw nggak... :)

Sebuah universitas di Jerman mengadakan penelitian online yang sangat menarik, melakukan sampling dan re-sampling foto orang - orang yang dianggap sexy dan yang tidak, untuk kemudian melakukan online survey. Summary-nya adalah dua foto berikut:

Foto disebelah kiri adalah yang skor sexy-nya paling tinggi.

Setuju banget kan? Gw setuju :) Look at his puppy eyes, arch jaw, smooth skin, full lips, dagu yang lancip... Apalagi yang kurang coba? (Asumsi lainnya, gigi-nya pasti bagus lahh :) )

Dari penelitian tersebut, ternyata kriteria umum untuk wajah yang tampan adalah sebagai berikut:
- Kulit yang mulus, yang menyiratkan "muda dan sehat"
Warna kulit menurut penelitian ini lebih disukai yang tanned (maklum, sample-nya European), tapi general rules-nya adalah kulit terlihat bersih, sehat, terawat.
- Bentuk wajah yang cenderung "memanjang"
Well, perbandingannya seperti oval dan bulat kali yaa... People also tend to like faces yang dahinya lebih luas, upper half of the face is broader compare to the lower.
- Darker eye brows and more lashes
I realyy want to add: longer-curly lashes :)
- Fuller and symmetrical lips
Nggak berarti tipis is the best, tapi lebih ke bentuknya yang "penuh"... Hmmmphh... Dan juga smile-nya mesti terlihat lepas dan jujur
- Higher cheek bones and prominent lower jaw
Bentuknya boleh curvaceous (presenting: softness) ataupun edges (presenting: masculinity)
- Bright eyes
Sorotan-nya mesti punya kharisma khusus..
- More prominent chin
Yang lancip, yang memanjang, rata - rata lebih disukai dibandingkan yang bulat.

The disturbing fact is that the guy in the picture is NOT EXIST in real life. He (in fact, both of them) is only a computer generated image(s), result of morphing 18 male faces.

What is the implication? Artinya, kebanyakan orang sebetulnya "jatuh hati" pada hal - hal yang tidak realistis. Bukan hanya kalangan orang "kebanyakan", bahkan mereka yang berkecimpung di dunia modeling lebih parah lagi. Dari the top three faces yang diramalkan akan laris di dunia fotomodel, tiga - tiganya adalah virtual faces yang tidak ada di dunia nyata.

So, what about you and your dream prince? If you find that he is sooo difficult to find, could it be that basically he's only exist in your dream, never in reality? Or, if you're on a relationship today, have you ever cheated because of simple reason that rumput tetangga is lebih hijau dibanding kepunyaan sendiri? :p If so, insyaf segera bahwa perfection is never exist, atau putuskan saja that "relationship" untuk menjadi fulltime free-man :)

Anyway, kalau masih dibolehkan untuk melanjutkan mimpi, untuk foto dibawah, aku kok lebih cenderung memilih foto yang kiri yaa (walaupun yang kanan adalah the winner). Chemistry-nya ada gitu loh... Wajahnya lebih bulat siyy, tapi dia terlihat lebih "cowok" dan sorotan matanya lebih menyiratkan kecerdasan...

Bagaimana dengan Choky?

Ehmm, dia memang ganteng... Tapi sayang, kulit-nya kalau dilihat dari dekat tidak semulus yang dibayangkan :p. True then, perfection is never exist!

10 comments:

Natazya said...

beaty beauty (and handsome likewise) is only a skin deep :D

saya kok jarang yah justru tertarik sama cowo yang kata orang banyak "ganteng"

entah gara2 apa... but for me truly, ga pernah yang namanya muka (atau fisik pada umumnya) jadi perhatian pertama dan utama ;)

Anonymous said...

Wah, om boeboe sudah kembali!!! Hmm, tapi setuju sama foto di atasnya Choky, yang kiri memang keliatan lebih cowok, lebih protektif. Sementara yang kanan memang keliaatan lebih klemat-klemet.

Tapi om, bukannya memang wajah yang terlalu macho seringkali dianggap less handsome than wajah yang lebih lembut dan mirip cewek (contohnya bishounen di manga dan anime itu)......

Anonymous said...

Aduh... bar tau kalo jidat lebar gw termasuk kriteria yang bagus huahahahaha...and the rest juga ada.. but heran.. kok dulu ga laku ya hihi... cob penelitiannya di Indo deh... huahah.. beda kali ya :p

Ed said...

IMHO yah...

'Cakep' itu subjektif karena dia berbentuk 'sifat' bukan 'benda', kalo di combine sama sempurna yang bentuknya 'maha sifat' maka dia ngga akan pernah 'exist'.

Speaking of the devil, jika kita bicara tentang 'Sosok Impian' yang biasanya kumpulan sifat sifat yang tersebar di beberapa orang dan berharap ada di satu orang untuk kemudian dimiliki, kemungkinannya memang saaaangat kecil tapi bukan berarti ngga ada, kalopun ada mungkin juga harus berbenturan sama 'jodoh', dia jodoh kita atau bukan. Beda lagi kalo 'sosok Impian' yang dimaksud harus punya unsur 'maha sifat' yang gw sebut diatas, gw baru setuju kalo itu mutlak ngga exist.

Mau ngajak orang-orang yang punya 'sosok impian' di dalam dirinya, ayoo... bermimpi!!! selama mimpi dipercaya bisa membuat perkembangan otak kita bisa jadi lebih baik, tapi jangan pernah ngimpiin sosok yang punya 'maha sifat', karena itu cuma kerjaan sia-sia.

In case di gay life, me myself lebih milih untuk jadi fulltime free-man ketimbang harus menjalin hubungan dengan orang yang ngga pernah hadir dalam mimpi gw, kalo ketemu yang 'cakep' doang trus langsung-angkut-bawa-pulang-layanan-enak-besok-masih-nyambung-dan-lanjut-jadi-pacar apa bedanya sama 'alat pemuas'....

ngga usah protes!!! itu udah jadi ketentuan yang ngga menutup kemungkinan masih bisa di improve dikemudian hari, hihihi....

spell my name 'S.i.n.t.i.n.g m.a.u.t', ok... gw anggep semuanya ngerti kenapa bisa begitu ketentuannya yah, hahahaha...

*peace*

lucky said...

Om boewat ini posting yang sedang kami tunggu. Posting ini menjawab kenapa ManInGreen itu laku keras di kalangan bule-bule tp gak di kalangan lokal (kasusnya hampir mirip dg mbak-mbak berwajah pembantu yang digandeng sama bule. Sorry ya MIG klo contohnya agak nyelekit, peace bro).

Gw sebelumnya berpendapat kalo definisi handsome itu universal. Orang cakep versi Indo pasti juga dianggap cakep versi Alaska sono. Ternyata gw salah.

Si MIG itu wajahnya mirip dengan sexiest face versi bule. Walaupun ga mirip2 amat sih. Huahahahahaha. Dahi lebar , puppy eyes (klo MIG Doggy Eyes kali), wajah lonjong, alis panjang dan tebel (si MIG rajin pake pensil alis). Hidungnya juga mancung. Pokoknya selera bule deh. Apalagi ditambah dengan gayanya yang malu2 (mgkn bule tambah penasaran, ini orang kok kayaknya pasrah banget) bikin klepek-klepek.

Tapi itu versi bule, klo versi gw (representing selera Indo) gw pasti akan pilih foto sebelah kiri dengan wajah yang lebih bulat. Kalo terlalu tirus sepertinya terkesan kempot?? *kebanyakan nyedot kali yahh*

Ihhh fotonya si Choky kurang bagus, dia bisa terlihat lebih tampan daripada itu....

"this comment is solely made for fun. No intention to harm, upset and judging other"

~gw takut dituntut bo~

BoewatChat said...

@natazya: serius niyy, wajah ga jadi perhatian pertama? atau, are you a "voice" person? lebih atentif ke suara dibandingkan physical appearance? jarang lohh, so far orang yang kukenal cuma ada satu, sama-sama jilbab juga :). could it be related to some religious childhood background? hmm...
@zhouyu: "macho" is considered less handsome? mungkin betul, lihat aja response ke dua James Bond terakhir, Pierce Brosnan vs. Daniel Craig. juga ke dicaprio and zac efron. tapi juga bukan general rules ahh: marcus schenkenberg, david hasselhorf...
wajah yang lembut mungkin secara psikologis memberikan sense "approachable", less aggressive, playable... :p
@MIG: jidat nongnong, kulit yang tanned (item siyy menurut selera indon mah), mata yang dark, tubuh yang langsing - berisi, memang menarik untuk bule-bule :p
(duh.duh.duh.. gw jangan dijewer dunk, salahin tuh si lucky, dia inisiatornya :p peace...)
@sinmau: iya deh, A.L.E.X, sekali lagi AAA.LLL.EEE.XXX :p sesekali expand the horizon gitu loh, mulai dengan tarik-satu-dari-crowd-ajak-nginap-lalu-say-goodbye...
(dua tanduk and ekor gw dah mulai keluar nih, tapi trisula-nya masih ketinggalan.. dimana yaa eikeh simpan itu barang :p )
@lucky: gw nyari fotonya choky yang posisinya mirip sama virtual face, tapi gak dapet-dapet euyy..
btw. jangan khawatir ada tuntutan di blog sinih.. kalo ada yang keberatan, cukup laporkan, nanti bakal di delete deh.. gak usah pake bawa2 pengacara kaya omni gila ituh..

Anonymous said...

Ya Tuhan Lucky!... Makasih atas promosi nya hihihi... Tapi jangan hiperbol atuh... akyu kan orangnya membumi (plak!) hihihihi...

Farrel Fortunatus said...

bener tuh gw setuju bgt sm analisisnya. salam kenal.

menjadimanusia said...

boewat.... gw mau komen lagi soal foto dua itu... kalo si agusitem kan komennya dia prefer yang "not-preferrable", kalau kata fa... ga ada yang menarik... karna gak ada yang sipit... hahahaha

yudhi puspa tia said...

ahhh eike demen banget postingan inih!
membahas tentang cowo tampaaannn, haha

Post a Comment